Tips Meningkatkan Keamanan Online

Berikut adalah Cara untuk meningkatkan keamanan online, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa aspek penting berikut ini:


1. Gunakan Satu Perangkat khusus
Jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat, manfaatkan salah satunya secara khusus untuk transaksi perbankan dan belanja online. Hindari menggunakan komputer untuk melakukan penjelajah lain, unduh file, periksa email, jejaring sosial, dan kegiatan lainnya.

Dengan cara itu membuat komputer bersih dari virus komputer. Tambahkan juga Google Chrome atau browser lainya dengan awalan HTTPS.

2. Perbarui perangkat lunak dan sistem operasi
Seringkali pembaruan mengandung perbaikan keamanan. Aktifkan pembaruan otomatis pada perangkat Anda agar selalu memiliki versi terbaru dan teraman.

3. Gunakan email khusus
Buat email khusus untuk transaksi belanja online. Ini membuat jumlah spam yang diterima terbatas serta mengurangi risiko terkena email berbahaya yang disamarkan sebagai promosi penjualan.

4. Kelola dan Lindungi kata sandi
Ingatlah untuk terus menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online. Jika sulit untuk diingatkan, gunakan kata sandi manajer sehingga dapat membantu menyimpan kata sandi yang kuat untuk banyak akun.

Buat password yang unik dan kompleks dengan kombinasi huruf, angka, dan karakter spesial dan hindari penggunaan informasi pribadi di dalamnya.

Aktifkan autentikasi dua faktor (2FA): Fitur ini memerlukan verifikasi tambahan setelah memasukkan password, seperti OTP (One-Time Password) yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi autentikator.

5. Gunakan VPN Tepercaya
Jika berbelanja menggunakan WiFi publik, instal VPN terlebih dahulu. Ini membuat data yang ditransfer akan dienkripsi antara komputer dan perangkat seluler. Server VPN juga dapat mencegah peretas membajak dan melihat data sensitif yang dimasukkan.

Layanan VPN (Virtual Private Network) membantu menyembunyikan alamat IP anda dan mengenkripsi koneksi internet Anda, sehingga aktivitas online Anda lebih sulit diintip oleh pihak ketiga. Pastikan juga kamu menggunakan layanan VPN tepercaya.

6. Gunakan antivirus dan firewall
Pasang perangkat lunak antivirus dan aktifkan firewall untuk melindungi perangkat Anda dari serangan malware dan ancaman lainnya.

7. Lindungi informasi Pribadi
Berhati-hatilah saat membagikan informasi pribadi Anda di internet. Pertimbangkan untuk tidak menggunakan nama lengkap atau tanggal lahir sebagai nama pengguna atau bagian dari alamat email.

8. Amankan Jaringan Wi-Fi
Ubah nama dan password default jaringan Wi-Fi rumahan Anda. Aktifkan enkripsi WPA3 (atau minimal WPA2 AES only) untuk melindungi komunikasi antara perangkat dan router.

Jangan menggunakan jaringan Wi-Fi publik untuk transaksi penting: Jaringan Wi-Fi publik lebih rentan terhadap ancaman keamanan. Jika harus menggunakan jaringan tersebut, gunakan VPN untuk melindungi koneksi Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan meningkatkan keamanan online Anda secara signifikan dan melindungi diri dari sebagian besar ancaman yang ada.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama