Komunikasi Verbal dan NonVerbal

Kali ini masih tentang komunikasi yaitu Komunikasi verbal dan nonverbal. Mungkin bagi yang belum atau apasih itu Komunikasi verbal dan non-verbal? dan untuk yang sudah tau mungkin lebih memahaminya lagi. dibawah ini adalah beberapa ulasaanya.


Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal ( verbal communication ) merupakan salah satu bentuk komunikasi kepada pihak lain melalui tulisan ( written ) dan lisan ( oral ). contohnya adalah seperti ini yang sedang kita lakukan, membaca majalah, mambaca mempresentasikan makalah dalam suatu acara sminar dan lain-lain.

Komunikasi verbal memiliki type yang dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan aktief atau pasiefnya peserta komunikasi secara verbal dibutuhkan pengungkapan kata-kata yang disusun dalam suatu pola yang berarti, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.
1. Berbicara dan menulis
Suatu pesan yang sangat penting dan kompleks sebaiknya disampaikan dengan menggunakan tulisan, seperti surat, memo dan laporan.
2. Mendengarkan dan membaca
untuk mencapai komunikasi yang efektief diperlukan  komunikasi dua arah. Orang-orang yang terlibat didalam komunikasi memerlukan keterampilan mendengar dan membaca.

Komunikasi Nonverbal
Komunikasi nonverbal merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis. pada umumnya komunikasi nonverbal memiliki sifat seperti memahami penggunaan bahasa isyarat, ekspresi wajah, gerak tubuh, sandi, simbol-simbol, warna dan intonasi suara.
Dalam penyampaianya, komunikasi nonverbal memiliki arti yang berbeda-beda. pesan yang disampaikan biasanya dilakukan secara spontan tanpa memiliki rencana  dan dilakukan secara tidak sadar.
komunikasi nonverbal memiliki beberapa tujuan, yaitu :

1. Menyediakan dan memberikan informasi
2. mengatur alur suatu percakapan
3. mengekspresikan emosi
4. memberikan sifat dan melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal
5. mengendalikan atau memengaruhi orang lain.
6. mempermudah tugas-tugas khusus, misalnya dalam memberikan pengajaran kuliah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama